Tentang Yokal dan Sali

Author
Published 18 September
Tentang Yokal dan Sali

Tahukah anda mengetahui bahwa di dalam masyarakat Papua di Jayawijaya terdapat perbedaan dan maksud antara nama Yokal dan Sali.

Namun Yokal dan Sali sebenarnya berfungsi sebagai penutup badan atau pakaian adat bagi perempuan di pegunungan Papua. Yokal dan Sali adalah nama pakaian adat bagi perempuan di Jayawijaya.

Meskipun Yokal dan Sali itu adalah penutup badan atau pakaian bagi perempuan di pegunungan,  namun sebutan kedua nama ini tidak sembarang ditujukan kepada semua perempuan di pegunungan, jadi ketika menyebutkan nama Yokal dan Sali ini ada perbedaanya.

Foto pada gambar A kiri yang dikenakan adalah Yokal, pakaian adat khas Papua, seorang ibu dari anak kepala suku dalam pakaian adat siap memulai tari perang. Sumber foto: travel.detik.com/readfoto. Dan pada gambar kanan B yang dikenakan adalah Sali, Gadis cilik ini selain mengenakan noken seperti biasa, disangkutkan diatas kepala, juga memakai nokennya sebagai baju kelihatan indah sekali dipakainya (taken by Liza Monalisa). Sumber foto : kompasiana.com/asitasuryanto

Perbedaannya terletak diantara gadis dan wanita pada pakaian khas tersendiri ini.

Yokal

Yokal pakaian adat ini diperuntukkan khusus buat kaum perempuan Papua yang telah berkeluarga, pakaiannya dikenal dengan nama Yokal.

Sali

Sali untuk para perempuan Papua yang masing lajang atau berstatus gadis, maka mereka akan mengenakan pakaian adat khas ini yang dikenal dengan nama Sali.

Jadi ketika masyarakat di Jayawijaya menyebutkan nama Yokal dan Sali itu berarti ditujukan kepada perempuan yang telah berkeluarga dan yang belum berkeluarga, seperti yang telah dijelaskan diatas, dan itu sesama masyarakat Jayajiwaya sudah saling mengetahui.

Warna dan Bentuk pada pakaian khas Yokal dan Sali

Warna

Warna yang terdapat pada pakaian adat Yokal,  warna menyolok berupa cokelat tanah dan kemerahan, sedangkan warna Sali hanya terdiri dari satu warna saja yakni warna cokelat khas dibuat dari kulit pohon.

Bentuk

Berbentuk melingkar memanjang dan digulung tertata rapi secara horizontal dan telah melalui masa dianyam sedemikian rupa sehingga menghasilkan kain – kain yang bertekstur halus.

Untuk lebih jelas bentuk dan warna perhatikan pada gambar yang terterah diatas antara gambar A dan B. Gambar pada A adalah contoh Warna dan bentuk pada Yokal demikian juga pada gambar B adalah bentuk dan warna pada Sali.

Copyright © 2021